Rabu, 19 Desember 2012
Pelestarian Sumber Air Bersih


Air, kata tersebut sudah tidak asing lagi bukan? Air mempunyai banyak manfaat bagi hidup kita. Bisakah kita hidup tanpa air sedikitpun? Tentu saja tidak. Oleh karena itu kita harus melestarikan air di muka bumi ini dengan cara melakukan penjernihan air.

Air mempunyai banyak manfaat diantaranya : untuk kebutuhan sehari-hari, melancarkan peredaran darah, melembutkan tanah yang keras, dan masih banyak lagi. Karena banyaknya air yang kita butuhkan sangat banyak, maka untuk melestarikannya kita harus menjernihkannya. Berbagai banyak cara dapat kita gunakan untuk menernihkan air. Mulai dari yang sederhana sampai yang rumit.

Penjernihan air dengan cara yang sederhana dapat dibuat sendiri. Bahan-bahan yang dibutuhkan diantaranya : botol plastik, air kotor (yang pastinya),  kerikil, batu besar, batu kecil, rumput, arang, pasir, dan kapas. Sistem penjernihan air seperti ini sama seperti sistem kerja air tanah.  Coba pikirkan, bahan yang saya sebutkan tadi merupakan bahan yang terdapat dalam tanah (kecuali botol plastik dan kapas).

Penjernihan air yang rumit dan yang artinya kita tidak dapat membuatnya sendiri. Yang pertama karena bahan yang dipergunakan susah dicari dan juga alat-alat lainnya. Salah satu contoh penjernihan air yang rumit yaitu Pureit Penjernih Air. Pureit ini mempunyai 3 bagian yang terdapat di dalam Pureit. Setiap bagian mempunyai fungsinya masing-masing. Dengan harganya yang terjangkau, Anda sudah dapat menikmati air hasil penjernihan. Dengan begitu berarti Anda sudah berpartisipasi dalam melestarikan air bersih.

Pelestarian air bersih bisa dilakukan dengan berbagai cara, yaitu : matikan keran saat tidak digunakan, berhematlah air meskipun di rumah Anda tersedia banyak air, daur ulang air, gunakanlah air secukup mungkin dan seperlunya, dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin menambahkan bisa comment disini. 

Tetapi, air juga bisa menyebabkan bahaya. Seperti banjir. Banjir disebabkan oleh kelakukan kita sendiri, seperti membuang sampah sembarangan, dan menebang pohon dengan liar. Padahal banjir sangat memberikan bahaya bagi tubuh kita terutama pada anak-anak. Karena di dalam air banjir terkandung banyak bakteri berbahaya yang bercampur menjadi satu dan dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti : kolera, disentri, kaki gajah, cacing tambang, cacingan, dan lain-lain.

Berikut merupakan jenis-jenis air di Indonesia. Dalam UU RI No.7 Tahun 2004 dan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 907 Tahun 2002, disebutkan beberapa pengertian terkait dengan air, yaitu sebagai berikut :

1. Sumber daya air adalah air, dan daya air yang terkandung didalamnya.
2. Air adalah semua air yang terdapat pada diatas, ataupun di bawah permukaan tanah, termasuk dalam pengertian ini air permukaan.
3. Air Bersih (clean water) adalah air yang digunakan untuk keperluan sehari-hariyang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum apabila telah dimasak.
4. Air Minum (drinking water) adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum.
5. Air permukaan adalah semua air yang terdapat pada permukaan tanah.
6. Air tanah adalah air yang terdapat dalam lapisan tanah atau batuan di bawah permukaan tanah.
7. Sumber air adalah tempat atau wadah air alami dan/atau buatan yang terdapat pada, diatas, ataupun di bawah permukaan tanah.

Berikut sudah artikel yang saya buat. Semoga bermanfaat bagi Anda semua. Semoga Anda lebih melestarikan air yang ada di sekitar kita. Aaaamiiiin.

Referensi :
 http://indo-boor.blogspot.com/2012/10/informasi-tentang-air.html

Label: , , , ,

posted by falyasekardina @ 23.57  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 
 

LANGSING & SEHAT

About Me

Name: falyasekardina
Home: Kendangsari, Surabaya, Indonesia
About Me: hai guys, kenalin nama gue Falya just call me that :) weel gue baru aja pindah ke sby jadi ngomongnya gini deh. Anak pertama dan punya adek satu namanya Khayra, kelas 3 SMP dan bentar lagi UN so wish me luck :D
See my complete profile
Other Post
Archives
sutbok

Masih kosong nih...

Links
Template by
Blogger Templates